ROSIM NYERUPA (lahir di Lampung Tengok2 copyah, 05 Juli 1993) adalah Pimpinan Umum Lembaga Penerbitan Mahasiswa (LPM) Republica Untuk periode 2014-2015, sosok yang cekatan ini merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Pemerintahan. Rosim merupakan anak keenam dari delapan bersaudara pasangan Awalludin (ALM) dan Rohaya. Sejak lahir hingga usia 18 tahun, ia menetap di Gunung Sugih , Lampung Tengah bersama orang tua dan kekedua adiknya dan kakak nya: Burhanuddin, Sapta putra jaya dan Nurrani.

Berkat didikan kedua orang tuanya, Rosim yang biasa di panggil dengan sebutan Kiay ini, sudah bisa membaca sejak usia 2 tahun dan berani berbicara di hadapan publik sejak Sekolah Dasar. Masa SD dilalui bersama teman-temannya di SDN 1 Komering Agung. Selama masa sekolah dasar, ia mengasah keberaniannya dengan aktif mengikuti ekstrakulikuler Pramuka. Jiwa kepemimpinan dan kemampuan akademiknya mulai nampak saat ia menjadi ketua kelas dan meraih ranking 1 di kelas, saat kelas VI.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di SDN 1 Komering Agung, Rosim melanjutkan pendidikannya di SMPN 1 Gunung Sugih dengan bebas biaya. Selama di SMP, ia sempat menjadi ketua kelas dari kelas 7 samapi kelas 9, aktif sebagai anggota Pramuka, pernah menjadi sekretaris OSIS dikelas VII dan menjadi Ketua OSIS dikelas VIII. Ia juga berhasil meraih banyak prestasi, salah satunya adalah Peringkat kelas disekolahnya.

Mendapatkan nilai akhir 38,35 dari 4 pelajaran saat Ujian Nasional SMP/MTs membuat Rosim diterima di SMA Negeri 1 Gunung Sugih, SMA ibukota Lampung Tengah, melalui jalur tes akademik. Selama di SMA, ia juga meraih predikat terbaik di sekolah, antara lain : siswa berprestasi tahun 2012.

Berada dalam persaingan akademis yang ketat tidak menyurutkan niat Rosim untuk aktif berorganisasi selama SMA. Saat kelas X, ia mengikuti dua ekstrakulikuler (Paskibra dan PMR). Ia juga berkesempatan mengikuti kegiatan kegiatan yang mewakilkan sekolah maupun kabupatennya. Saat kelas XI, ia kembali terpilih sebagai Ketua OSIS dengan perolehan suara mutlak, di atas 70 persen. Di tengah kesibukannya, ia tetap mampu berprestasi. Setidaknya ada tingkat provinsi, dan berbagai prestasi di tingkat kabupaten dan kota yang telah diraihnya.

Pengalaman paling berharga yang pernah dirasakan Rosim adalah pernah mengikuti kegiatan satudytour ke istana presiden mewakili Lampung Tengah bersama Dispora dan siswa berprestasi yang ada dikabupaten yang dikenal dengan icon Kopiah Mas-nya serta dinobatkan menjadi siswa berprestasi 2012. Rosim juga merupakan tokoh  pencetus pemilu OSIS di SMA N 1 Gunung Sugih.

Kini Rosim sedang duduk di bangku kuliah jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Lampung. Karena prestasi dimasa SMA inilah yang membuat rosim masuk Universitas Lampung melalui program Beasiswa Bidikmisi. tanpa kenal lelah di tahun pertama, Rosim mengikuti berbagai macam organisasi kampus diantaranya Lingkar Studi Sosial Politik (LSSP) Cendekia, BEM F dan aktif di Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Pemerintahan. Sementara di organisasi eksternal-pun rosim aktif diantaranya sebagai Ketua Umum terpilih Mitra Mahasiswa dan Pemuda Lampung (Juga Pendiri)  dan sebagai anggota muda Himpunan Mahasiswa Islam (HmI)) Komisariat Sosial Politik Universitas Lampung. Hidup itu pilihan, iya.. sangat benar. itulah yang membuat rosim untuk mengambil langkah serius dalam berorganisasi, disamping tugas utamanya sebagai mahasiswa ialah kuliah namun tidak terbengkalai, hal ini dibuktikannya dengan IPK mencapai 3,94 (semester 1). Menginjak semester 3 rosim diamanahkan menjadi Sekretaris Dinas Kebijakan Publik BEM FISIP periode 2013/2014 juga salah satu Pendiri Satuan Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) PP Lampung Tengah menjabat sebagai wakil ketua umum.

Selain hobi berorganisasi ternyata mahasiswa FISIP Unila ini juga hobi menulis, menulis merupakan salah satu cara untuk membuat ia dikenal banyak orang. sebab ketika ia menduduki bangku kuliah, rosim mulai terfikir bahwa banyak sekali teman teman kampus nya yang terkenal karena jabatan gubernur, presiden dll. lalu ia berfikir, harus dengan cara apa supaya dirinya juga dikenal orang maka alternatif pilihannya ialah melalui tulisan. tulisan berupa artikel, cerpen, opini dan puisi sudah banyak ia goreskan sehingga mampu diliput diberbagai media baik cetak maupun elektronik.

Karena hobi menulis, rosim pun tertarik didunia jurnalistik mahasiswa, untuk mengembangkan bakatnya di dunia pers, mahasiswa yang berasal dari lampung tengah ini bergabung di Lembaga Penerbitan Mahasiswa Republica. LPM Republica adalah Lembaga Kemahasiswaan yang bergerak dibidang jurnalistik. dengan ketekunannya di dunia pers tersebut mampu membuahkan hasil yang baik, Rosim Nyerupa terpilih sebagai Pimpinan Umum LPM Republica periode 2014-2015 pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke XXI 07 Juni 2014 beberapa waktu lalu.

Ditahun 2015 ini rosim selain sebagai Pimpinan Umum LPM Republica juga menjabat sebagai wakil sekretaris bidang Pengkaderan di HmI Komsospol Universitas Lampung dan mendirikan Gerakan Pemuda Peduli Perubahan Lampung Tengah, beliau diamanahkan sebagai Koordinator Umum, juga sebagai Kepala Departemen Kominfo Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lampung Tengah.

Iklan
Tinggalkan komentar

Tuliskan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: